Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dirlantas: Menangani Balapan Liar Bukan Hal Gampang

  • Oleh Budi Yulianto
  • 10 Desember 2016 - 06:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol M Taslim Chairuddin mengatakan bahwa menangani masalah balapan liar (Bali) bukanlah hal yang gampang. Menurutnya, perlu ekstra hati-hati supaya aparat penegak hukum tidak disalahkan.

"Yang namanya balapan, ketika kita datang, mereka bubar. Bertindak keras, salah. Tidak, juga salah. Dan kita tidak mungkin untuk berada di TKP yang sama, karena lokasi balapan liar banyak," ucap M Taslim menyikapi balapan liar yang acap terjadi di sejumlah kota di Kalimantan Tengah, termasuk Palangka Raya, Jumat (9/12/2016).

Dia menuturkan, cara efektif menangani balapan liar adalah dengan melakukan penangkapan lalu diberikan sanksi berat. Seperti proses tilang, motor ditahan, dan sidang paling tidak diundur antara 1-2 bulan. Hal ini supaya ada efek jera bagi pembalap liar sehingga terhindar dari peristiwa kecelakaan.

"Nah, proses penangkapan inilah yang agak repot. Nanti dikejar, kecelakaan, kita disalahkan. Oleh sebab itu, harus ada kerjasama yang baik antara seluruh komponen masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, peran orang tua dalam memperhatikan pergaulan anak juga cukuplah besar. Paling tidak dapat memantau kapan bermain, dengan siapa bermain, apa yang dilakukan dan jam pulang bermain. Jika larut malam, maka patut dipertanyakan. (BUDI YULIANTO/m)

Berita Terbaru