Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Tenglie: Bangun Infrastruktur di Katingan untuk Jangka Panjang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 Desember 2016 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan, Ahmad Yantenglie mengatakan membangun infrasruktur di Kabupaten Katingan ini untuk jangka panjang, dan bukan dalam jangka satu atau dua tahun. Ia mencontohkan pembangunan jalan dari Desa Hampangen, Kecamatan Tasik Payawan menuju Desa Mendawai, Kecamatan Mendawai, sepanjang kurang lebih 127 Km, yang dibangun menggunakan sistim multiyears (tahun jamak).

"Kenapa kita bangun jalan cukup panjang dan lebar, dan bangunan lainnya juga harus memadai, sebab membangun infrasruktur di Kabupaten Katingan ini tidak hanya untuk beberapa tahun saja, namun dalam jangka panjang," kata Bupati Ahmad Yantenglie di hadapan ratusan warga Desa Tumbang Kajamei, Kecamatan Bukit Raya pada Safari Natal 2016, Rabu (14/12/2016) malam.

Pembangunan jangka panjang itu, katanya, misalnya membangun jalan dari Desa Hampangen Kecamatan Tasik Payawan menuju Desa Mendawai Kecamatan Mendawai sepanjang kurang lebih 127 Km, yang dibangun menggunakan sistim multiyears (tahun jamak).

Saat ini pembangunan jalan tersebut tengah berlangsung, dan direncanakan akan selesai pada tahun 2018 mendatang.

Selanjutnya bangunan ruas jalan juga dilakukan di wilayah hulu Katingan, misalnya dari wilayah Kecamatan Marikit menuju ke wilayah Kecamatan Katingan Hulu.

Bahkan saat ini dari Marikit menuju Katingan Hulu sudah bisa tembus dilalui kendaraan. Jalur di wilayah ini nantinya juga direncanakan tembus sampai ke wilayah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Menurutnya saat jalan tersebut beroperasi nantinya, maka secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama warga yang dilalui jalur jalan itu.

Bahkan, kata orang nomor satu di Katingan ini, pemerintah pusat sudah menetapkan Kabupaten Katingan sebagai Pelabuhan Samudera yang lokasinya berada di pesisir Pantai Pegatan Kecamatan Katingan Kuala.

Jika nanti pelabuhan pengumpul Nasional, itu beroperasi, maka aktifitas bongkar muat di pelabuhan tu bisa diangkut melalui jalan Hampangen-Mendawai itu untuk didistribusikan ke luar daerah.

Sementara itu terkait safari Natal, Bupati Ahmad Yantenglie menuturkan jika pada bulan Desember ini seluruh umat Kristiani bersuka cita untuk melaksanakan peringatan hari lahirnya sang penyelamat, Yesus Kristus pada tanggal 25 Desember.

"Peringatan tersebut merupaka hari yang istimewa, karena pada hari itu seluruh umat Kristiani memperingati sebagai kelahiran Tuhan Yesus Krestus sang penebus dosa dan juru selamat manusia," kata Bupati Tenglie dalam sambuatnnya. (ABDUL GOFUR/N). 

Berita Terbaru