Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bima Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Target APBD Kalteng Tercapai 96%

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 26 Desember 2016 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dari target penerimaan daerah dalam ABPD 2016 Kalimantan Tengah (Kalteng) sebesar Rp3,4 triliun, sebesar 96% lebih sudah tercapai.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kalteng, Jaya Saputra pada Borneonews, Senin (26/12/2016). 'Dari target Rp3,4 triliun, kami sudah posisi 96,4% per sekarang ini. Tapi ini kita kejar terus. Dan ini kan belum habis masa Desember. Masih ada waktu sampai akhir tahun,' kata Jaya

Menurut Jaya, dengan nyaris tercapainya target itu, penerimaan pada APBD 2017 ditarget mencapai Rp4 triliun. "Artinya, sudah lebih dari Rp600 miliar dari kondisi APBD Perubahan 2016 lalu, yang merosot tajam akibat berbagai rasionaliasi anggaran dan penundaan anggaran dari pemerintah pusat."

Jaya mengungkapkan pihaknya akan fokus pada ekstensifikasi, khususnya dari pengeloaan kekayaan daerah yang dipisahkan.

'Pengeloaan kekayaan daerah yang dipisahkan yang kita kejar, mungkin melalui perusda (perusahaan daerah). Sebab perusda ini kan mau direkapitalisasi agar bergerak baik, tetapi dengan tenaga yang dipilih yang benar-benar profesional di bidangnya,' terang dia. (MUCHLAS ROZIQIN/B-10)

Berita Terbaru