Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Katingan Lantik Kades Bambang Irawan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 Desember 2016 - 12:39 WIB

BORNEONEWS, Katingan - Bupati Katingan Ahmad Yantenglie melantik Bambang Irawan sebagai Kepala Desa Tewang Papari, Kecamatan Pulau Malan, Rabu (28/12/2016) pagi. Rencananya, sore nanti Bupati Tenglie juga melantik Kepala Desa Kuluk Bali, yang juga berada di wilayah Kecamatan Pulau Malan.

"Saya berpesan kepada Kepala Desa Tewang Papari yang baru, agar segera membentuk perangkat desa, dan terus bekerja keras memajukan desa," kata Bupati Tenglie.

Menurut Bupati Tenglie, seharusnya pelantikan kepala desa hasil Pilkades Serentak Katingan 2016 ini berdasarkan aturan main dilantik sebulan setelah SK pengangkatan keluar, yaitu Oktober 2016. "Satu bulan setelah keluar SK harus dilantik, itu aturan mainnya. Tapi saya mengambil keputusan kalau satu bulan setelah SK keluar yaitu pada Oktober 2016, proses administrasi sampai Desember akan terputus, dan secara teknis ada permasalahan." 

Karena itu, Ahmad Yantenglie memutuskan pelantikan di akhir Desember dan awal Januari 2017. "Itu latar belakang mengapa pelantkan dilakukan Desember dan Januari nanti."

Bupati juga menjelaskan pertanyaan publik kenapa kades terpilih hasil pemilihan serentak 2016 tidak dilantik serentak. Pelantikan serentak bisa dilakukan di Kasongan, Ibu Kota Kabupaten Katingan. Namun masyarakat tidak mengetahui prosesi pelantikan itu seperti apa.

"Karena saya ingin melantik kades di hadapan masyarakatnya, sehingga masyarakat bisa mendengarkan dan tahu apa bunyi-bunyi terhadap sumpah yang diambil untuk kepala desa," katanya.

 Pasalnya, sumpah itu disaksikan diri sendiri dan tamu undangan termasuk warga setempat. Dan yang sangat pentng juga disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Sementara itu Kepala Desa Tewang Papari Bambang Irawan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, termasuk warga desanya yang telah mempercayainya menjadi kepala desa untuk periode enam tahun akan datang.

"Yang jelas amanah yang diberikan kepada saya ini akan kita emban dan jalankan dengan sebaik-baiknya," kata Kades Tewang Papari yang baru dilantik, Bambang Irawan. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru