Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jembrana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Napi Lapas Palangka Raya dapat Siraman Rohani

  • Oleh Budi Yulianto
  • 28 Desember 2016 - 13:24 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Ratusan narapidana (Napi) muslim di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Palangka Raya mendapat siraman rohani pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 Hijriyah. Kegiatan tersebut berlangsung di Masjid Al-Istighfar, Lapas setempat, Rabu (28/12/2016).

Kepala Lapas, Ridar Sutaryanto mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah rasa iman dan taqwa setiap napi, sehingga dikemudian hari para warga binaan itu bisa mengubah perilakunya menjadi lebih baik.

Sementara itu, PLT Kadivpas Kemenkumham Kalteng Sardiaman Purba mengatakan, peringatan ini merupakan salah satu pola pembinaan di Lapas. Di sisi lain, ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga binaan yang selama ini bersama-sama menjaga kondusifitas Lapas sehingga semua berjalan aman dan tertib.

"Tentu ini terjadi karena telah terbina dengan baik. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Provinsi Kalteng dan juga Palangka Raya. Karena kami lihat selama ini perhatian pemerintah ke Lapas begitu besar," ucap Purba.

"Baik bidang keterampilan, pembinaan maupun mental agama. Oleh sebab itu, bapak Kepala Kantor Wilayah Kemekumham Kalteng menyampaikan terimakasih kepada pemda dan harapannya koordinasi kerjasama mudahan bisa ditingkatkan," imbuhnya.

Menurutnya, ada tiga komponen sistem pembinaan yang saling bersinergi. Yakni pegawai pemasyarakatan, masyarakat dan warga binaan. "Semuanya harus bersinergi. Kami juga berharap, selesai menjalani pidana, semua warga binaan bisa menjadi lebih baik. Bisa menjadi warga yang berbaur dengan masyarakat dan ikut serta dalam pembangunan. Salah satunya seperti ini, Maulid Nabi. Tentu ini menambah ilmu agama," tutur Purba. (BUDI YULIANTO/N).

Berita Terbaru