Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banggar Setujui Struktur Rancangan APBD Kalteng 2017

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 28 Desember 2016 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) menyetujui struktur rancangan APBD 2017, dengan anggaran pendapatan sebesar RP 4,088 triliun dan anggaran belanja Rp 3,986 triliun.

Namun ada sejumlah permintaan dilontarkan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dalam membelanjakan anggaran tersebut. Juru Bicara Banggar, Anderiansyah meminta komponen belanja langsung diprioritaskan pengunaannya untuk empat hal.

Pertama, belanja langsung harus diprioritaskan untuk anggaran belanja publik. Kedua, kegiatan pelayanan. Ketiga, kegiatan yang mendukung kinerja pendapatan. Dan keempat untuk investasi pemerintah daerah.

'Terhadap usulan kegiatan baru dalam rapat konsultasi Banggar, yang sumber dananya berasal dari pergeseran belanja tidak langsung ke Belanja Langsung akan dibahas lebih lanjut dalam pembahasan rencana kerja dan anggaran (RKA) antara komisi dengan SKPD mitra kerjanya masing-masing,' kata Anderiansyah.

Ia juga sependapat dengan gubernur yang lebih fokus kepada upaya peningkatan pendapatan untuk memperbesar belanja publik. 'Kegiatan belanja publik yang berorientasi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi, kegiatan pembangunan infrastruktur, dan pembangunan ekonomi kerakyatan,' sambungnya.

Seperti diketahui, Belanja APBD 2017 terdiri dari belanja langsung sebesar Rp2,422 trilun lebih, dan belanja tidak langsung sebesar Rp1,563 triliun lebih. (M ROZIQIN/B-10)

Berita Terbaru