Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banyuwangi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jembatan Melintang di Atas Sungai Katingan Bakal Bertambah

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 Desember 2016 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Katingan - Bupati Katingan Ahmad Yantenglie menanggapi permintaan warga Desa Tewang Papari Kecamatan Pulau Malan dan warga Desa Tewang Manyangen, Kecamatan Tewang Sanggalang Garing (TSG), terkait pembangunan jembatan melintang di atas Sungai Katingan.

Hal ini saat dikonfirmasi Borneonews usai dirinya melantik Kepala Desa Tewang Papari, Rabu (28/12).

Menurut orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei ini, sehubungan dengan jembatan yang melintang di atas Sungai Katingan, itu memang ada rencana pemerintah daerah untuk menambah jumlah jembatan yang menyeberang di atas Sungai Katingan yang memiliki panjang lebih dari 600 Km itu.

"Sehubungan dengan adanya penambahan jembatan yang melintang di atas Sungai Katingan, itu memang progres jangka panjang," katanya.

Namun untuk jangka pendek, kata Bupati Ahmad Yantenglie saat ini pemerintah pusat sudah mulai membangun jembatan melintang di atas Sungai Katingan itu, yakni di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah.

Sejauh ini, tutur Bupati Tenglie yang pernah menjabat Wakil Bupati Katingan 2003-2008 ini, jembatan melintang di atas Sungai Katingan baru ada satu, yaitu Jembatan Kasongan yang sudah berusia lebih 20 tahun.

"Jadi kemarin ada keinginan pihak balai untuk konsultasi dengan kita, bahwa ada wilayah di Kasongan dan sekitarnya untuk dijadikan prospek terkait pembangunan jembatan melintang di atas Sungai Katingan itu,".

Hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu waktu Jembatan Kasongan yang ada saat ini rusak tidak bisa dilewati lagi. Akibatnya kendaraan akan macet baik arah Sampit maupun Palangkaraya. Selain itu ada kemungkinan pula jembatan melintang di atas Sungai Katingan dibangun di wilayah selatan, seperti Kecamatan Katingan Kuala atau Kecamatan Mendawai.

"Nah itu yang punya prospek ke depannya," imbuh Bupati Ahmad Yantenglie. (ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru