Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lapas Palangka Raya Perketat Pengamanan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 29 Desember 2016 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Lapas Kelas II A Palangka Raya, Kalimantan Tengah memperketat pengamanan. Kerusuhan yang berujung pada kaburnya puluhan narapidana (Napi) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banjarbaru, Kalimantan Selatan belum lama ini, menjadi perhatian Kepala Lapas Kelas II A Palangka Raya, Ridar Sutaryanto.

'Kita perketat pengamanan. Semua petugas berjumlah 80 orang. Yang bagian pengamanan ada 28 petugas,' ucap Ridar Sutaryanto, di Palangka Raya, Kamis (29/12/2016).

Dia menyebutkan, pengamanan napi di Lapas yang dipimpinnya, diperketat. Apalagi, saat ini napi yang menghuni Lapas tersebut berjumlah 571 orang. Bahkan kembali bertambah 10 napi dari Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Rabu (28/12/2016). Dari jumlah itu, 350 di antaranya merupakan napi kasus narkoba. Angka ini sangat melebihi kapasitas karena seharusnya hanya menampung 198 napi.

Jumlah petugas yang melakukan pengamanan tentu sangat beda jauh dibanding jumlah napi yang ada. Oleh sebab itu, dia berharap Lapas Palangka Raya akan selalu aman dan kondusif. Ridar juga akan selalu berkoordinasi dengan Polri maupun TNI apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Di sisi lain, ada 64 napi di Lapas tersebut yang mendapat remisi (pengurangan masa tahanan) dalam rangka Hari Natal 25 Desember. Satu napi di antaranya dinyatakan langsung bebas. Dia merupakan seorang perempuan bernama Susanti, kasus pencurian. (BUDI YULIANTO/N).

Berita Terbaru