Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KNPI Katingan Belum Tunjukkan Agenda Mengawal Demokrasi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 Desember 2016 - 19:55 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemuda, khususnya yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Katingan dinilai belum memiliki ide untuk mengawal proses demokrasi di daerah itu.

Hal ini disampaikan mantan Wakil Ketua Bidang Politik KNPI Katingan, Sapta Tjita di sela menghadiri Rakerda DPD KNPI Kabupaten Katingan di Gedung Salawah Kasongan, Kamis (29/12/2016).

"Tidak ada ide satupun pemuda itu mengawal demokrasi yang tadi disampaikan dalam sambutan bupati. Bahwa semua sistim pemerintahan kita ini berawal dari sistim politik kita," kata Sapta.

Menurutnya sistem pemerintahan itu demokrasi. Semua pemimpin direkrut.melalui proses pemilu. "Sekarang kita tahu pemilu kita sudah terjadwal. Tapi pemuda masih menganggap pesta lima tahunan atau pesta yang sudah terjadwalkan, tidak pernah berfikir bagaimana mempersiapkan ketika menghadapi itu," katanya.

"Padahal kita pernah mengundang Ketua KNPI, dan saya mengatakan pilkada tidak akan sukses tanpa dukungan semua pihak, termasuk pemuda," imbuh Sapta Tjita.

Namun, Sapta juga memuji dinamika KNPI saat ini. "Kita bangga dengan berbagai ide yang timbul dari KNPI ini. Seperti membentuk komunitas pencinta alam, komunitas pemberantasan narkoba, dan penanggulangan bencana," jelasnya. (ABDUL GOFUR/B-10).

Berita Terbaru