Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tangerang Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini 5 Perintah Kapolres Gunung Mas Untuk Bhabinkamtibmas dan Babinsa

  • 30 Desember 2016 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Gunung Mas (Gumas) AKBP Ardiansyah Daulay memerintahkan kepala Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk terus berupaya menjaga kamtibmas supaya selalu kondusif.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Gumas AKBP Ardiansyah Daulay pada Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-36 Satuan Pengamanan dan Apel Konsolidasi Gabungan Bhabinkamtibmas dan Babinsa di halama Polres Gumas, Jumat (30/12/2016).

Pada kesempatan itu, ada lima perintah yang disampaikan Daulay untuk Bhabinkabtibmas dan Babinsa. Pertama meningkatkan kewaspadaan terhadap sikap intoleransi antara umat beragama, suku, ras, dan antar golongan dilingkungan masyarakat.

Kedua, agar Bhabinkamtibmas dan Babinsa dapat bersinergi dalam penanganan masalah yang terjadi di masyarakat dan lebih memahami apa yang dimaksud dengan toleransi.

Ketiga, Bhabinkabtibmas dan Babinsa melakukan giat deteksi dini dengan menginventarisir potensi konflik dan mendatakan ormas atau pun kelompok-kelompok masyarakat yang berhubungan giat keagamaan di wilayahnya.

"Keempat, para Bhabinkamtibmas wajib menetahui apabila diwilayahnya dilaksanakan rapat-rapat ormas atau pun kelompok-kelompok masyarakat atau pun keberadaan orang asing untuk segera melaporkan kepada pimpinan," ingatnya.

Kelima, agar para Bhabinkabtibmas dan Babinsa meningkatkan kerjasama dengan unsur-unsur pemerintah desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat untuk menghormati kearifan lokal dalam penyelesaian masalah diwilayah masing-masing.

"Pada Bulan Desember ini juga kegiatan kemasyarakatan diwilayah hukum Polres Gunung Mas sangatlah padat, yaitu terlait pasca natal dan menjelang tahun baru. Sehungan dengan hal tersebut kesiap- siagaan dan kehadiran kita sebagai aparat keamanan sangat dibutuhkan untyk memberi rasa aman bagi masyarakat dalam melakykan segala aktivitasnya. (EPRA SENTOSA/m)


TAGS:

Berita Terbaru