Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Lamandau Diprediksi Habiskan Momen Tahun Baru di Luar Daerah

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 30 Desember 2016 - 14:41 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Sebagian besar warga Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah diprediksi menghabiskan momen malam menyambut Tahun Baru 2017, di luar daerah. Prediksi itu berdasarkan pantauan, Jumat (30/12/2016) pagi suasana Kota Nanga Bulik, cukup sunyi. Jalan raya atau bahkan jalan protokol di perkotaan pun lengang tak seramai biasanya. Kondisi ini kian menguatkan dugaan, warga Lamandau menghabiskan hari libur pergantian tahun di luar kota.

"Iya, suasananya mulai sepi. Biasa paling banyak yang pada ke luar daerah untuk tahun baruan," cetus seorang warga Batu Batanggui, Dodo Wicaksono, Jumat (30/12/2016).

Kepada Borneonews, Dodo juga menyebut kondisi lengangnya jalanan ibukota saat itu sebagai salahsatu bentuk bahwa masyarakat Lamandau khususnya yang berada di perkotaan masih lebih memilih ke luar daerah untuk menghabiskan malam tahun baru. Daerah yang biasanya dituju diantaranya adalah daerah tetangga seperti halnya Pangkalan Bun (Kobar).

Bahkan sepengetahuannya, tak jarang juga jika diantara masyarakat yang ingin mencari suasana baru memilih untuk liburan ke daerah lain, seperti halnya beberapa daerah di Kalimantan Barat (Kalbar). Apalagi setelah akses jalan darat saat ini sudah cukup menunjang.

"Biasanya kalau yang ramai di Nanga Bulik, yang nanti banyak datang itu para karyawan dari sejumlah perkebunanan, mereka kan libur dan biasanya lebih milih untuk datang berbondong-bondong mendatangi pusat hiburan yang difasilitasi, misalnya seperti di Lapangan Kartawana ataupun di Bundaran Rusa," katanya.

Dodo menilai, fenomena ramainya masyarakat yang sengaja berlibur keluar daerah diakibatkan masih minimnya sarana hiburan dan sarana wisata atau rekreasi di Bumi Bahaum Bakuba. Karenanya, pihaknya berharap agar ke depan pemkab dapat lebih serius menggarapa potensi wisata yang ada di Lamandau.

Sementara itu, meski diprediksi akan banyak masyarakat yang sengaja keluar untuk dapat menemukan hiburan yang lebih ramai dan meriah, namun tak sedikit pula masyarakat yang sengaja akan bertahan di Nanga Bulik dan melewati momen pergantian tahun dengan membuat acara hiburan rakyat secara swadaya. Hal tersebut seperti yang direncanakan Yanto dan kawan-kawannya.

"Kalau kami tahun ini sengaja tetap di Nanga Bulik, untuk memeriahkan tahun baru kami sudah siapkan acara hiburan elektun di depan rumah, sambil bakar ayam dan makan bareng. Sing penting hiburan, murah-meriah," cetus warga jalan Ahmad Yani, Nanga Bulik, tersebut. (HENDI NURFALAH/N).

Berita Terbaru