Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aparat Desa Diminta Transparan soal APBDes

  • Oleh James Donny
  • 30 Desember 2016 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Pulang Pisau, M Syaripul Pasaribu meminta desa-desa di Pulang Pisau menyampaikan secara transparan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes)-nya kepada masyarakat.  

Transparansi APBDes itu, misalnya, dipampang pada baliho, yang bisa dibaca seluruh warga desa. "Kita mengharapkan program desa dapat disampaikan secara transparan, sehingga fungsi pengawasan dari masyarakat dapat berjalan dan program pemerintah desa dapat dilaksanakan sesuai keinginan masyarakat berdasarkan musyawarah di desa," terang Syaripul, Jumat (30/12/2016).

Ia juga meminta aparatur desa menggelar evaluasi rutin bulanan 2017, melalui rapat koordinasi desa (rakordes). "Ini dilaksanakan untuk memantau pekembangan, dan kendala pemerintahan desa, khususnya terkait pengelolaan dana desa," terangnya.

Dalam rakordes, kata dia, setiap kelemahan di desa akan dibenahi, sehingga program desa melalui dana desa dapat berjalan dengan baik. "Kita juga akan melakukan proses penyusunan dokumen, dengan melibatkan pihak-pihak terkait dengan transparansi pelaksanaan program pembangunan di desa," bebernya.

"Melalui penyusunan dokumen ini kita harapkan pelaksanaan APBDes dapat dipertanggujawabkan dan prioritas berdasarkan musyawarah di desa," tandas Syaripul. (JAMES DONNY/B-10)

Berita Terbaru