Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purworejo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ibu Penyandang Disabilitas Ini Jual Kudapan untuk Sekolahkan Anak

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Desember 2016 - 16:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemandangan miris terlihat di Kota Palangka Raya. Syakila (28), seorang ibu penyandang disabilitas duduk di trotoar Jalan Kinibalu sembari menggelar berbagai kudapan untuk dijual. Ia tak sendiri. Seorang anak laki-laki tak berbaju, berbaring di sampingnya. Sang anak, Mansyah (5), tertidur pulas, seakan tak mempedulikan hiruk pikuk kendaraan yang lewat.

Kepada Borneonews, wanita bernama Syakila ini mengaku sudah menjanda dan harus berusaha sendiri demi menyekolahkan anaknya. Usianya masih muda, 28 tahun, namun perjalanan hidupnya sudah mampu membuat orang lain turun ke jalan dan membeli dagangannya yang hanya berupa kudapan kemasan seharga Rp1.000 per buah.

Saat wawancara berlangsung, seorang wanita muda turun dari sepeda motor dan memberikan dua kotak makanan beserta minuman. Syakila yang tak menyangka akan pemberian itu sempat melongo sebentar sebelum mengucapkan terima kasih dan wanita muda baik hati itu tersenyum, lalu meninggalkan tempat.

Tak lama, datang pula bapak-bapak paruh baya mengendarai mobil menghampiri Syakila. Ia ingin memborong dagangan hingga Syakila kelabakan. Jika hanya membeli 1 atau dua buah kudapan, Syakila masih tanggap. Namun saat sang bapak ingin membeli langsung semuanya Syakila kesulitan menentukan harga. 

Syakila adalah ibu yang kuat. Ia mengaku ingin menyekolahkan anaknya, Mansyah (5), tahun depan. Syakila menargetkan anak semata wayangnya harus masuk sekolah di usia 6 tahun sehingga ia tak segan duduk di jalanan dan berjualan alakadarnya.

"Saya agak kurang. Jadi saya jualan yang bisa saya bawa saja. Snack-snack begini kan ringan jadi bisa saya bawa. Jual apa sajalah asal tahun depan anak saya bisa sekolah," kata Syakila. (TESTI PRISCILLA/N).

Berita Terbaru