Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Durian Kasongan Dijual Hingga Rp200 Ribu Per Buah

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Januari 2017 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Buah durian asal Kasongan Kabupaten Katingan saat ini masih dijual mahal oleh para pedagang buah yang memiliki duri tajam ini.

Dibanding dua minggu lalu, saat ini buah durian mengalami kenaikan cukup signifikan. Bahkan sebiji buah durian ada yang dihargai sampai Rp200 ribu.

Hal ini berdasarkan pantauan Borneonews di Jalan Tjilik Riwut Km3 Kereng Humbang Kasongan, Senin (2/1/2016).

"Yang paling besar ukuran kepala orang dewasa ini kita jual Rp200 ribu per buah. Sementara yang agak kecil delapan puluh ribu, tujuh puluh lima ribu dan enam puluh ribu per biji," kata Angap, salah seorang penjual buah durian yang menjajakan buah duriannya di tepi Jalan Trans Kalimantan wilayah Kereng Humbang Kasongan.

Angap mengaku mahalnya buah durian ini karena batang pohon durian saat ini masih sedikit yang sudah bisa buahnya dipanen.

Selain itu tidak semua batang durian musim ini yang berbuah. "Saya sendiri punya kebun durian sekitar 50 batang pohon, tapi yang berbuah hanya satu batang saja," kata Angap yang mengaku berasal dari Desa Manduing Lama Kecamatan Pulau Malan ini.

Angap mengaku selain durian Kasongan, ia juga menjual durian Pontianak. Namun harga durian Ponti ini jauh lebih murah dibanding durian Kasongan, yakni antara Rp20 ribu sampai Rp50 per buahnya.

"Sejak Natal sampai setelah tahun baru ini cukup banyak warga yang membeli buah durian, terutama kendaraan yang sedang melintas baik arah Sampit maupun Palangkaraya, tapi sayangnya pasokan buah durian masih sedikit," imbuh Angap yang mengaku mendapatkan buah durian dari pengepul di wilayah Kecamatan Pulau Malan.(ABDUL GOFUR/m).


TAGS:

Berita Terbaru