Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Cabai Masih Meroket Tapi Bawang Sudah Turun

  • Oleh Rafiuddin
  • 02 Januari 2017 - 13:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit, Pasca perayaan Natal dan tahun baru 2017 harga kebutuhan pokok ada yang turun namun ada yang terus meroket naik. Namun, pasokan dinilai cukup hingga beberapa minggu ke depan.

'Harga cabai sekarang Rp90 ribu per kilogram, padahal beberapa hari lalu sebelum tahun baru antar Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per kilogram,' kata Neni, seorang pedagang sayur di Pasar Ikan Mentaya (PIM) Sampit, Senin (2/1/2017).

Naiknya harga cabai merah disebabkan kondisi cuaca yang mengakibatkan produksi petani berkurang, selain faktor cuaca buruk yang terjadi belakangan ini. Akibatnya banyak tanaman cabai membusuk.

Neni mengaku, cabai yang dipasarkannya itu merupakan hasil dari petani lokal. Sehingga harganya sedikit terjangkau. Pedagang enggan mengambil cabai dari luar daerah seperti pasokan dari pulau jawa, karena harganya yang sangat mahal.

'Kalau cabai dari Jawa mahal harganya, Pak. Mungkin karena biaya kapal makanya mahal,' ujarnya.

Sementara itu, untuk bawang merah dan bawang putih harganya justru turun, dari sebelumnya Rp45 ribu per kilogram turun menjadi Rp40 ribu per kilogramnya. Turunnya harga bawang tersebut diakui karena pasokannya lancar dan banyak dari daerah pemasok. (RAFIUDDIN/B-5)

Berita Terbaru