Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pandeglang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi Wisata Kalteng harus Digarap Secara Terpadu

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 03 Januari 2017 - 13:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun' Potensi pariwisata di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) harus digarap secara terpadu oleh sejumlah instansi.

Demikian disampaikan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat mengajak sejumlah Kepala Dinas (Kadis) di lingkungan Pemprov Kalteng menengok obyek wisata Pantai Teluk Bogam, Kabupaten Kotawaringin Barat, Minggu (1/1/2017)

Ia mengatakan, sudah saatnya sedikit meninggalkan rasa ego sektoral dalam membangun daerah. Kebersamaan lintas sektoral-lah yang menurut dia akan membawa pencapaian sasaran dituntaskan dengan baik. Bahkan tidak hanya sesama dinas provinsi, tetapi juga sinergi dengan sejumlah dinas tingkat kabupaten.

'Dengan kata lain ya keroyokan, ini demi membangun Kalteng secara lebih baik, kebersamaan harus kita tingkatkan. Provinsi membantu daerah apa salahnya, biar cepat,' kata gubernur.

Keroyokan itu misalnya, kata Gubernur Sugianto, tatkala membangun obyek wisata ini maka infrastruktur jalan agar dibuat lebih baik merupakan tugas dinas pekerjaan umum (DPU), sarana komunikasinya merupakan bagian Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), prasarana atau fasilitas wisata dan wahana lainnya adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), dan seterusnya.

'Lalu pengelola wisata sekaligus promosi wisatanya adalah pihak kabupaten, termasuk pemeliharaan aset wisata yang ada nanti. Jadi kuncinya kebersamaan dan sinergi antara Provinsi dengan kabupaten,' tegas dia. (RZ/B-8)

Berita Terbaru