Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada, Angin Kencang dan Badai

  • Oleh Wahyu Krida
  • 02 Januari 2017 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun : Angin kencang dan badai guntur yang cukup kuat, diperkirakan akan tetap terjadi dalam tujuh hari ke depan di wilayah Kabupaten Kotawaringin barat (Kobar).

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kobar Lukman Soleh, mengatakan, angin kencang dan badai guntur akan melanda wilayah Kobar pada 2 hingga 8 Januari 2017. "Ada beberapa hal yang menyebabkan kondisi tersebut. Secara umum sebagian besar wilayah di Indonesia sudah masuk musim penghujan termasuk juga wilayah Kobar," jelasnya, Senin (2/1/2017).

Menurutnya, berdasarkan data curah hujan selama 30 tahun, untuk bulan Desember hingga Februari, frekuensi hujan banyak terjadi saat siang hingga sore hari.

"Penyebabnya, suhu yang panas pada pagi hari yang berkisar antara 30 hingga 33 derajat celcius, membuat penguapan dan pembentukan awan badai menjadi lebih cepat," jelasnya.

Menurutnya secara umum, awan inilah yang menyebabkan terjadinya hujan deras mendadak dan angin kecang serta badai guntur yang cukup kuat. (WAHYU KRIDHA/B-2)

Berita Terbaru