Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kobar, Kabupaten dengan Beragam Bundaran

  • Oleh Cecep Herdi
  • 03 Januari 2017 - 08:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - MUNGKIN sebagian orang berfikir nama Pangkalan Bun (Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Barat) ada kaitannya dengan Bundaran (Pangkalan Bundaran), sebab di Kabupaten ini terdapat banyak bundaran dan masing-masing tugunya berbeda-beda. Lalu apa benar Pangkalan Bun ada hubungannya dengan Bundaran, atau Bun itu kata penggalan dari "Bundaran"

Tentu tidak, nama Pangkalan Bun sendiri memiliki riwayat yang berbeda-beda meski sejarah tidak mencatatnya.

Yuk kita lihat dan hitung, ada berapa sih Budaran di Kabupaten Kobar ini

1. Bundaran Pancasila, terletak di jantung Kota Pangkalan Bun. Lokasinya di antara Jalan Iskandar, Jalan HM Rafii, Jalan Pemuda, dan Jalan Malijo. Disebut Bundaran Pancasila karena di atas tugunya terdapat tugu berbentuk Pancasila.

2. Bundaran Pramuka, awalnya dikenal sebagai bundaran Beringin. Karena bentuk tugunya menyerupai beringin. Namun seiring waktu, tugu bundaran ini di bongkar dan diganti dengan tugu bertuliskan Praja Muda Karana. Sejak saat itu dikenal lah nama bundaran pramuka. Lokasinya berada di Jalan HM Rafii, Jalan Ahmad Wongso, Jalan Pramuka, dan Jalan Bayangkara.

3.Bundaran Monyet, berada di Kecamatan Kumai, letaknya di Jalan Pasir Panjang. Bundaran ini menjadi pintu gerbang menuju Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) sehingga dibangunlah tugu menyerupai Orangutan.

4.Bundaran Adipura, terletak dii depan Istana Kuning, kita akan menjumpai Bundaran berbentuk piala Adipura (Kalpataru). Bundaran ini dibangun untuk mengenang Pangkalan Bun yang terus meraih penghargaan Adipura sejak 2007 silam. Letaknya ada di antara jalan Diponegoro, Jalan Ciwaringin, dan Jalan Prakusumayudha.

5.Bundaran Jam

Bundaran ini bisa dikatakan bundaran paling kecil di antara yang lainnya. Bundaran ini menghubungkan Jalan Pangeran Antasari, Jalan Hasanuddin, dan Jalan Abdul Ancis.

6.Bundaran Pangkalan Lima, bundaran ini bangunannya paling besar, mengalahkan Bundaran Pancasila. Bundaran ini merupakan pitu gerbang menuju luar kota. Karena letaknya agak jauh dari pusat kota, bundaran ini kurang begitu popoluer. Lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Pangkalan Lima.

7.Bundaran Jagung, letaknya ada di kecamatan Pangkalan Lada tepatnya di Desa Sungai Rangit. Bundaran ini di atas tugunya berbentuk buah jagung. Bundaran ini mewakili mata pencaharian warganya yakni bercocok tanam jagung. Jika anda melewati bundaran ini, sekitar area bundaran, terdapat banyak pedagang di pinggir jalan yang menjajakan berbagai makanan hasil bumi, termasuk jagung rebus dan kacang tanah.

8. Bundaran Tugu Pak Tani, terletak di desa Pangkalan Lada. Tugu ini juga mewakili aktivitas masyarakat desa yang sebagian besar adalah petani. Patung menyerupai seorang pria ini tengah memegang cangkul di tangan kirinya, dan tangan kanannya tengah menunjuk ke arah depan. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru