Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sambang Polwan Kegiatan Antisipasi Kerawanan Kamtibmas

  • 03 Januari 2017 - 09:08 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kegiatan sambang Polwan efektif menjadi upaya antisipasi terjadinya kerawanan kamtibmas. Sebab dengan kegiatan tersebut dapat dideteksi sebelum terjadi suatu kejadian, yang dapat merugikan masyarakat.

"Dengan keberadaan sambang Polwan, setidaknya ada upaya pencegahan yang sewaktu-waktu terjadi ketika timbul kejadian yang berakibat pada orang meninggal dunia,"kata Kapolres Kapuas, AKBP Jukiman Situmorang, di Kota Kuala Kapuas, Senin (2/1/2017).

Menurut mantan Kapolres Kota Palangka Raya ini, polisi itu sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarkat jangan sampai terlambat mengantisipasi keadaan dalam masyarakat. Jangan sampai, katea AKBP Jukiman, sudah terjadi sesuatu kejadian baru polisi hadir, menyidik dan menangkap pelaku.

Kapolres menyebutkan, jangan sampai masyarakat mempertanyakan kemana polisi sampai sebuah kejadian meletus di lapangan Dengan kegiatan sambang Polwan, setidaknya dapat dilakukan pencegahan. Misalnya, Kekerasan di Dalam Rumah Tanggal (KDRT) masalah ekonomi, utang-piutang dan perselingkuhan, indikator seperti ini harus diantisipasi, jangan sampai menimbulkan kerawanan di tengah-tengah masyarakat.

"Masyarakat yang lebih tahu akan keberadaan lingkungan di mana mereka tinggal, sehingga kita melakukan pendekatan dan bekerja sama dengan RT/RW dan kepala desa, polisi jangan seperti pemadaman kebakaran, ibaratnya sudah terjadi kebakaran, baru datang," ungkap Kapolres Kapuas, AKBP Jukiman Situmorang. (DJIMMY NAPOLEON/N).

Berita Terbaru