Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonogiri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Felda Optimistis Industri Sawit Bangkit 2017

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 03 Januari 2017 - 11:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Setelah melalui masa sulit selama 2016, raksasa industri sawit Malaysia, Felda Global Ventures Holdings Bhd (FGV), optimistis menatap 2017 seiring membaiknya kinerja sektor perkebunan sawit dan menguatnya harga komoditas ini.

Presiden/chief executive officer FGV, Datuk Zakaria Arshad, mengatakan strategi perusahaan ke depan akan membidik tiga aspek utama, yakni rasionalisasi bisnis agar lebih ramping, memacu operasional yang selama ini mencatat kinerja apik dan memacu pertumbuhan eksternal secara selektif. Semua itu akan dilaksanakan melalui standar transparansi.

'Kami bangkit di tengah prospek industri yang lebih cerah seiring dengan tingkat stok minyak sawit yang menurun, kemudian meningkatnya permintaan di pasar ekspor dan moratorium terhadap penanaman baru di Indonesia serta membaiknya harga minyak sawit mentah (CPO),' ujar Zakaria dalam pernyataan tertulisnya di Petaling Jaya, Malaysia, Senin (2/1), seperti dilansir The Star.

Ia menambahkan bahwa rasionalisasi bisnis akan membuat organisasi FGV akan lebih ramping dan lebih kompetitif melalui restrukturisasi, divestasi atau berkolaborasi dengan pemain lain.

'FGV juga tengah mengkaji struktur organisasi dan model bisnis untuk mencapai keseimbangan pelaporan dan akuntabilitas, mitigasi terhadap volatilitas komoditas dan harga seraya memantau dengan lebih cermat bisnis terkait milik perusahaan,' katanya.

Untuk sektor hilir, FGV akan mengintensifkan upaya untuk membangun pasar dan juga melalui ekspansi organik, agen pemasaran atau kemitraan strategis dengan para pemain lokal, ucap Zakaria.

Pada kuartal ketiga yang berakhir pada 30 September 2015, rugi bersih FGV meningkat menjadi RM94,86 juta, dari RM33,9 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru