Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kebumen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UMKM Jangan Hanya Dijadikan sebagai Penyampai Program Pemerintah

  • Oleh M. Rifqi
  • 03 Januari 2017 - 14:38 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Anggota Komisi II DPRD Kotim Roy Lumban Gaol meminta pemerintah kabupaten setempat serius melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang keberadaannya diharapkan tidak hanya menjadi pemanis saat penyampaian program daerah maupun promosi ekonomi dan pariwisata.

"Masih banyak pelaku UMKM yang belum tersentuh, apalagi mendapat pembinaan dari instansi terkait," kata dia, Rabu (3/1/2017).

Politisi PAN itu menilai selama ini informasi terkait dengan pembinaan maupun bantuan permodalan seringkali tidak sampai kepada pelaku UMKM. Padahal, informasi ini penting guna menumbuhkembangkan usaha mereka, terutama bagi pelaku UMKM yang baru tumbuh.

"Program instansi terkait UMKM banyak yang tidak diketahui pelaku UMKM. Sehingga mereka menjalankan usaha bergantung pada kemampuan sendiri, yang punya cukup modal akan bertahan, tetapi yang tidak rawan usahanya gulung tikar," cetus dia.

Roy pun menyarankan agar instansi terkait memiliki program kerja yang jelas dan terarah untuk pembinaan UMKM. Selain itu, instansi ini perlu melakukan pendataan keberadaan UMKM di daerah beserta jenis usahanya.

"Tanpa adanya data, maka evaluasi dan sasaran program tidak akan bisa optimal dilakukan. Dengan adanya data yang jelas keberadaan dan perkembangan UMKM akan terus bisa dievaluasi, dibina dan diberdayakan secara berkala," jelas dia. (M.RIFQI/B-5)

Berita Terbaru