Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indramayu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

4.606 Hektare Lahan Pertanian di Barito Timur Diasuransikan

  • Oleh M. Habibullah
  • 03 Januari 2017 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, TAMIANG LAYANG - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur mengasuransikan 4.606 hektare lahan pertanian. Cara itu diambil untuk melindungi petani dari resiko bencana alam. Lahan yang diasuransikan merupakan lahan padi masa tanam Oktober'Maret (Okmar) 2016-2017.

"Selain akibat bencana alam juga diasuransikan dari serangan hama," kata Kepala Dinas Pertanian Bartim, Selasa (3/1/2017). Sejak awal 2016 ribuan ha lahan padi telah asuransikan. Saat ini Bartim merupakan kategori kabupaten kedua lahan terbesar di Kalteng yang telah memiliki asuransi lahan pertanian setelah Pulang Pisau.

Jaminan perlindungan itu merupakan bentuk kepedulian Pemkab Bartim agar petani tidak rugi jika terkena serangan hama maupun bencana alam. Jika berhasil, maka pada 2017 ini luas tanam akan ditingkatkan hingga 10 ribu hektare.

"Petani memang kurang memahami bagaimana maksud mengasuransikan sehingga masih kurang diminati. Terobosan ini akan disosialisasikan lagi ke masyarakat. Jika target tahun ini meningkat, maka upaya mengasuransikan lahan pertanian dipredeksi meningkat pula hingga 10 ribu hektare," terangnya.

Dijelaskan, yang penting dalam asuransi ini petani harus tahu lahan sawah yang diasuransikan memiliki manfaat besar dan tidak membuat rugikan petani. Seharusnyalah petani mampu mengajak rekan seprofesinya untuk mengasuransikan lahan pertanian tanpa ragu-ragu.

"Jika berhasil maka tidak menutup kemungkinan seluruh petani di sini akan sejahtera," ucapnya. (PP/Habibullah/B-6)

Berita Terbaru