Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Penukal Abab Lematang Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2017, Sapi Betina di Lamandau Wajib Bunting

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 03 Januari 2017 - 21:34 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (Distanakan) Kabupaten Lamandau berencana untuk menggalakkan program Sapi Induk Betina Wajib Bunting (Siwab) di tahun 2017 ini.

Program tersebut dimaksudkan untuk mengejar pemenuhan kebutuhan daging di Lamandau yang hingga saat ini belum mampu diatasi dengan penyediaan daging lokal.

"Program Siwab di Lamandau akan kembali kita galakkan tahun ini. Salah satu caranya dengan melakukan Inseminasi Buatan (IB) secara serentak dan gratis," kata Kepala Distanakan Lamandau, Sunarto, Selasa (3/1/2017).

Dirinya juga menyebutkan, program Siwab dengan pola IB serentak di tahun 2017 akan dilakukan di sejumlah kantong-kantong potensial, dengan langkah awal berupa mengkoordinir petani atau peternak yang memiliki sapi betina indukan untuk dilakukan IB.

Sunarto menyebutukan, untuk kebutuhan tiap harinya, Lamandau baru mampu mengcover separuh dari kebutuhan daging. Sisanya harus mengandalkan suplai dari luar daerah, seperti Pangkalan Bun maupun Pulau Jawa.

"Berdasarkan hitungan rata-rata, sehari yang dibutuhkan Lamandau adalah lima ekor daging sapi. Namun yang mampu dipenuhi hanya setengahnya," katanya.

Adapun asumsi kebutuhan daging di Lamandau setiap harinya, jelas Sunarto, dengan rincian wilayah Bulik-Sematu Jaya sebanyak 2 ekor, Menthobi Raya 1 ekor, Bulik Timur 1 ekor, serta wilayah lainnya 1 ekor. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru