Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Palangka Raya Paling Banyak Pengidap HIV/AIDS

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 Januari 2017 - 12:54 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kota Palangka Raya, Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah menjadi wilayah yang paling banyak menyembunyikan pengidap HIV/AIDS pada 2016.

Data sebaran kasus HIV/AIDS itu didapat dari bank data Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA), dimana ada 178 penderita HIV dan 151 penderita AIDS, sehingga totalnya 329 kasus dari total 810 kasus seluruh Kalteng.

"Palangka Raya selalu paling tinggi karena ini kan kota, pikiran masyarakatnya lebih maju. Bukannya malu, para penderita justru memeriksakan diri sendiri dengan harapan lebih cepat bisa diobati. Makanya deteksi kasusnya lebih banyak," ungkap William Katopo, mantan Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kalteng saat menyerahkan jabatannya kepada pejabat baru, Rusini Anggen, Rabu (4/1/2017).

Dikatakannya, jika di Palangka Raya didapati kasus terbanyak, maka posisi kedua ialah Sampit, Kotawaringin Timur dengan 163 pengidap HIV dan 38 pengidap AIDS, urutan ketiga Kotawaringin Barat dengan 134 penderita HIV dan 18 penderita AIDS.

Disusul Katingan dengan 18 kasus HIV dan 5 kasus AIDS, Barito Utara dengan 17 kasus HIV dan 4 kasus AIDS, Kapuas dengan 15 kasus HIV dan 6 kasus AIDS serta daerah lainnya di bawah angka 10 kasus. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru