Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Merauke Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Enam Pesona Wisata di Kotawaringin Barat

  • Oleh Cecep Herdi
  • 04 Januari 2017 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kabupaten Kotawaringin Barat memiliki sedikitnmya enam pesona wisata. Ingin tahu wisata alam mana saja di Pangkalan Bun yang banyak dikunjungi wisatawan Berikut ulasannya.

1. Istana Kuning

Berada di tengah kota Pangkalan Bun. Istana Kuning ini merupakan istana kerajaan Kutaringin pada zaman dahulu. Di dalam istana banyak benda pusaka peninggalan kerajaan, juga terdapat foto wajah-wajah para raja tiap generasi.

Bangunan yang seluruhnya terbuat dari kayu ini berada di atas bukit. Jadi jangan heran kalau seluruh kota akan terlihat dari halaman istana para raja ini. "Ada salah satu foto raja yang ekspresinya akan berbeda ketika dilihat dari sisi yang berbeda," ucap Rian, wisatawan asal kota Bandung, Jawa Barat baru-baru ini.

Istana Kuning tempat pemerintahan zaman kerajaan pada 2016 lalu menjadi tuan rumah Festival Keraton Nusantara ke 10.

2. Pantai Bogam

Berada di Desa Teluk Bogam, terletak sekitar 3 kilometer (km) dari Desa Sungai Bakau. Jarak tempuh dari pusat kota kurang lebih 1 jam perjalanan kendaraan bermotor.

Di kalangan wisatawan, Teluk Bogam cukup terkenal karena memiliki pantai yang indah bernama Tanjung Penghujan. "Enaknya di Tanjung Penghujan itu membuat tenda dan menyalakan api ungun saat malam hari," ujar Wisnu, warga Pangkalan Bun.

3. Pantai Kubu

Tak kalah dengan pantai Teluk Bogam, pantai Kubu menjadi primadona tujuan wisata. Tiap musim liburan, pantai ini ramai dikunjungi wisatwan dalam dan luar daerah.

4. Pantai Tanjung Keluang

Yup... mau berwisata sekaligus melihat tempat penangkaran penyu. Di sinilah tempatnya, Tanjung Keluang. Memiliki pasir putih, pantai Tanjung Keluang ini bak surga di atas dunia

Pantainya indah, di dalamnya sejuk karena banyak pepohonan tinggi yang menghalangi teriknya sinar matahari. Untuk mendatangi pantai ini, anda harus menyeberang menggunakan jasa kelotok tang disediakan masyarakat sekitar.

5. Wisata susur Sungai Arut

Susur Sungai Arut ini menjadi primadona wisata yang jarang dilirik orang. Padahal, tak kalah asyiknya loh untuk memanjakan mata kalian.

Wisata Susur Sungai Arut ini bermula dari dermaga Kelurahan Mendawai hingga ke Kotawaringin Lama, dengan tarif mulai Rp100 ribu.

6. Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP)

Siapa yang tak kenal taman ini, habitat asli primata Orangutan ini sudah dikenal seantero jagat. Tiap tahunnya, tak kurang dari belasan bahkan puluhan ribu turis manca negara datang ke sini.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa dijadikan referensi Anda ketika berkunjung ke Pangkalan Bun. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru