Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perbaikan Pipa PDAM Selesai tapi Aliran Air Belum Lancar, Ini Penyebabnya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Januari 2017 - 16:38 WIB

BORNEONEWS, Sampit - PDAM Dharma Tirta Sampit, Kotawaringin timur (Kotim) sudah selesai melakukan perbaikan pipa yang mengalami kebocoran. Sayangnya, hingga kemarin sore, distribusi air bersih ke pelanggan masih belum lancar. 

'Ada beberapa daerah yang belum dapat dialiri air dari PDAM, karena distribusi belum lancar," ujar Kabag Teknik PDAM Dharma Tirta Edy Dyufriadi, Rabu (4/1/2017).

Penyebabnya, jelas Edy, lantaran perbaikan baru saja selesai dan diperlukan proses pengosongan udara yang masuk ke dalam pipa kerusakan dan perbaikan dilaksanakan.

Proses pengosongan itu ditargetkan baru selesai dalam satu pekan ke depan. Asalkan, tidak ada gangguan seperti pemadaman listrik. Namun selama proses tersebut berlangsung, aliran air secara bertahap akan menjangkau seluruh lokasi yang ada pelanggan PDAM.

'PDAM berbeda dengan listrik, yang mana kalau rusak bisa diperbaiki dan langsung nyala. Namun kalau PDAM setelah diperbaiki harus ada proses pengaliran dan lainnya,' ungkap Edy.

Perbaikan pipa induk tersebut pun memakan waktu 24 jam. Mereka tidak hanya menggunakan peratalan milik PDAM saja, tetapi juga meminta bantuan dari dinas pekerjaan umum berupa excavator mini. Pipa yang rusak panjangnya sekitar enam meter, dan semuanya telah diganti dengan yang baru. (M.HAMIM/B-11)

Berita Terbaru