Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Desa Ujung Tombak Pembangunan

  • 05 Januari 2017 - 07:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala desa (Kades) merupakan ujung tombak pembangunan di wilayahnya masing-masing. Sebagai pejabat politik tertinggi di tingkat desa, mereka memiliki tanggung jawab bagi kemajuan pembangunan di desanya.

"Ini merupakan konsekuensi logis dari sebuah jabatan yang dipercayakan rakyat kepadanya," ucap Pejabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Nurul Edy, usai melantik Kades Sungai Bedaun, Kecamatan Kumai dan Pj Kades Kondang, Kecamatan Kotawaringin Lama, di aula Kantor Bupati Kobar, Rabu (4/1/2016).

Nurul Edy meminta kepada seluruh kades memperhatikan pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan gorong-gorong di desa, melalui program alokasi dana desa (ADD) atau usulan kepada pemerintah melalui Musrenbang. "Dana yang digelontorkan pemerintah untuk desa harus mampu meningkatkan perekonomian masyarakat tempatan," tegasnya.

Nurul Edy mengatakan, proses penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka pelaksanaan otonomi desa bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah, tetapi membutuhkan respons, masukan dan partisipasi masyarakat. "Rasa kebersamaan merupakan kunci sukses pelaksanaan pembangunan daerah," katanya.

Kades juga dituntut punya moral baik, punya pola pikir yang terbuka, pandai mendengar dan mampu menerjemahkan kebijakan dan mengakomodir kepentingan masyarakat secara umum. "Sebagai ujung tombak pembangunan di wilayahnya, Kades juga harus peka terhadap perkembangan situasi yang ada," pungkasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10)

Berita Terbaru