Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Upah Tukang di Kasongan Lebih Tinggi dibanding Sampit dan Palangka Raya

  • Oleh Abdul Gofur
  • 05 Januari 2017 - 22:46 WIB

BORNEONEWS, Katingan - Upah tukang di Kasongan dan sekitarnya, Kabupaten Katingan sejauh ini dinilai lebih tinggi, dan jauh berbeda dengan daerah lain seperti Palangka Raya dan Sampit.

"Upah tukang di Kasongan ini terkenal mahal dibanding Palangka Raya dan Sampit," tutur Aryo warga Kasongan Kabupaten Katingan, Kamis (5/1/2017).

Pasalnya, kata Aryo rata-rata upah harian untuk tenaga tukang sudah di atas Rp130 ribu per harinya.

"Itu kalau harian, tapi kalau borongan lebih gila lagi, hitungannya cukup mahal, sebab pasang batako saja misalnya mereka minta Rp75 ribu per meternya, belum termasuk plester," keluhnya.

Ini berbeda dengan upah tukang yang ada di Sampit maupun Palangkaraya yang lebih murah.

Aryo mengaku memiliki bangunan sarang burung walet di seputaran Jalan Soekarno-Hatta. Bangunan tersebut sejauh ini sudah berdiri kerangka, dan atapnya serta sirip sudha terpasang. Bangunan itu sudah berdiri sejak pertengahan 2016 lalu.

Namun bapak tiga anak ini mengaku sampai saat ini bangunan tersebut masih berupa kerangka, dan belum dipasang dinding dan lainnya.

"Karena ya itu tadi Mas masalah upah tukang yang mahal itu sehingga bangunan sarang burung walet kita masih mangkrak," katanya. (ABDUL GOFUR/B-5).

Berita Terbaru