Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lima Puskesmas di Kotawaringin Barat Terakreditasi

  • 05 Januari 2017 - 21:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sepanjang tahun 2016, lima puskesmas di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah diakreditasi. Bahkan satu di antaranya menjadi puskesmas terbaik tingkat nasional, yaitu Puskesmas Arut Utara. Dua puskesmas lainnya, juga sudah keluar hasil penilainnya.

"Puskesmas Arut Utara (Aruta) keluar sebagai puskesmas terbaik tingkat nasional kategori puskesmas terbaik di desa terpencil," beber Ketua Tim Akreditasi, Jamin Ginting, di Pangkalan Bun, Kamis (5/1/2017).

Jamin menjelaskan, pelayanan kesehatan dasar di Kobar sangat baik, sehingga tahun 2016 ini sudah ada lima puskesmas yang telah dinilai oleh Tim Komisi Akreditasi Nasional.

Dari kelima puskesmas tersebut, 2 puskesmas telah keluar nilainya, yakni Puskesmas Madurejo dan Puskesmas Arut Selatan. Keduanya berada di Kecamatan Arut Selatan dengan kategori Strata Utama.

Sedangkan tiga puskesmas lainnya, yang telah dinilai, adalah Puskesmas Pangkalan Lada, Puskesmas Mendawai dan Puskesmas Arut Utara tinggal menunggu hasilnya.

Jamin menyebut, tujuan akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu dan kinerja, melalui perbaikan sistem manjemen berkesinambungan, mutu serta sistem penyelenggaraan pelayanan.

"Upaya penerapan manajemen risiko, bukan sekadar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi," jelasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10)

Berita Terbaru