Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tidak ada Ormas Radikal di Kotawaringin Barat

  • 05 Januari 2017 - 21:44 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kapolres Kotawaringin Barat (Kobar) AKBP Pria Premos memastikan belum ditemukan adanya organisasi kemasyarakatan (ormas) radikal di wilayah hukumnya.

"Selama saya menjabat, belum pernah menemukan adanya ormas yang punya aksi terkesan liar atau radikal," kata Kapolres di Pangkalan Bun, Kamis (5/1/2017).

Ia mengatakan, ormas legal memiliki dasar hukum yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan setiap kali melakukan kegiatan. "Jadi susunan pengurus mereka ada. Penanggung jawab mereka ada sehingga tidak terkesan liar," jelasnya.

Untuk mengantisipasi masuknya ormas liar atau radikal di Kobar, Kapolres menjelaskan sudah memperkuat peran intelijen dan terus melakukan berbagai pembinaan terhadap kelompok masyarakat. "Kita lakukan terus pembinaan. Rata-rata ormas yang terdata itu pasti surat pengurusnya ditembuskan ke jajaran Intelijen. Nah, inilah kelompok masyarakat yang harus kita jaga supaya punya pemahaman yang sama," ujarnya.

Jika memang ada ormas yang melakukan aksi-aksi yang meresahkan masyarakat, sebagai aparat negara, Kapolres mengaku siap melakukan tindakan tegas. "Pasti akan kita tindak tegas, apalagi kalau tindaknya jelas meresahkan masyarakat," tegas Premos.

Kapolres menjelaskan, tidak ada satupun ormas yang dibenarkan melakukan tindakan melanggar hukum, sehingga meresahkan masyarakat. Sebagai aparat yang bertanggungjawab menjaga Kamtibmas, pihaknya akan menindak pihak manapun yang ingin merusak kondusifitas di Kabupaten Kobar.

"Mari kita jaga situasi kondusif yang sudah lama tercipta di Kabupaten Kobar," ajak Kapolres. (FAHRUDDIN FITRIYA/B-10)

Berita Terbaru