Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Klaten Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelindo III Di-deadline Setahun Persiapkan Pemindahan Pelabuhan Sampit

  • Oleh Rafiuddin
  • 06 Januari 2017 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemkab Kotawaringin Timur memberikan tenggat waktu selama setahun kepada PT Pelindo III Cabang Sampit untuk mempersiapkan fasilitas pemindahan pelabuhan Sampit ke Bagendang.

'Deadline waktu saya bilang kemarin oke lah setahun. Karena membangun kan tidak bisa sebulan,' kata Bupati Kotim Supian Hadi, Jumat (6/1/2017).

Rencana pemindahan pelabuhan bongkar muat yang saat ini berlokasi di wilayah dalam Kota Sampit awalnya direncanakan 1 Januari 2017. Tetapi molor karena berbagai kendala yang dihadapi, salah satunya belum ada kesiapan infrastruktur pendukung Pelabuhan Pelindo III di Bagendang.

"Memang target 1 Januari, tapi setelah kita diskusi kesiapan di Bagendang pun perlu ditinjau. Makanya dengan bapak gubernur dulu kita tinjau ternyata kita berlaku 1 Januari tapi kita berikan kelonggaran sampai disana benar-benar siap,' ujar Supian.

Jika tenggat waktu selama setahun diberikan pemerintah daerah kepada Pelindo III tersebut tidak bisa juga dilakukan, pemkab mengancam akan membangun pelabuhan sendiri di wilayah Pelangsian Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Di lokasi itu dinilai cukup representatif karena sudah ada pelabuhan, hanya tinggal dilakukan pelebaran.

Rencana relokasi pelabuhan ke Bagendang Kecamatan Mentaya Hilir Utara tersebut, bukan hanya pelabuhan bongkar muat barang saja. Pelabuhan penumpang pun direncanakan akan dipindah, sehingga perekonomian di daerah itu merata. Tidak hanya terpusat di wilayah perkotaan saja. (RAFIUDDIN/B-11)

Berita Terbaru