Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Supiori Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Badan Pengelola Pajak Kapuas Optimistis Capai Target PAD 2017 Rp95 Miliar

  • 06 Januari 2017 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Kapuas optimistis capai target dengan adanya perubahan nomenclatur, untuk sumber Pendapatan Asli Daerah(PAD) dari sebelumnya 2016 target Rp94 miliar terjadi peningkatan Rp1 miliar menjadi Rp95 miliar tahun 2017. Pasalnya, target tahun lalu terlampaui sampai Rp1 miliar lebih.

"Dengan perubahan nomenklatur serta pertumbuhan ekonomi dunia di tahun 2017 ada peningkatan yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah, maka kami targetkan PAD 2017 akan jadi Rp95 miliar untuk PAD," kata Kepala BPPRD Kapuas, Andreas Noah,  Jumat (6/1/2017).

Pencapaian target tentu di lihat dari pertumbuhan ekonomi global lanjut Andreas,sehinga pihaknya berkeyakinan tahun 2017 ada perubahan yang lebih signifikan. Untuk tahun 2016 denga target PAD Rp94 miliar terjadi pencapaian Rp95 miliar lelbih, artinya ada peningkatan Rp1 miliar dari target. Walaupun ada beberapa item belum terkelola dengan baik.

"Memang di tahun 2016 belum sepenuhnya pencapaian PAD dari sektor retribusi restoran dan rumah makan, pajak sarang burung walet dan menara belum terkelola dengan maksimal, sehingga di tahun ini akan kita maksimalkan," ungkapnya.

Ia berharap tahun 2017 ini retribusi pajak restoran dan rumah makan, sarang walet dan menara akan terkelola dengan baik karena di BPPRD ada penambahan satu bidang untuk penanganan serius terkait pajak dan retribusi. Dengan pertumbahan ekonomi yang baik berpengaruh juga pada pertumbuhan iklim investasi di Kapuas dan akan dimaksimalkan retribusi logam serta katering pada PBS baik Kebun Sawit dan pertambangan.

"Memang Distamben sudah ditutup, tetapi kami memiliki kewenangan menarik retribusi pajak dari sana dan akan dimaksimalkan agar PAD 2017 capai sasaran bahkan melebihi target," katanya. (DJIMMY NAPOLEON/N).

Berita Terbaru