Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perusda Bajurung Raya Bidik Usaha BBM dan Industri Keripik Pisang

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 06 Januari 2017 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Perusahaan Daerah (Perusda) Bajurung Raya di bawah pimpinan yang baru bertekad menjajal bisnis baru. Peluang yang mulai dibidik di antaranya bisnis bahan bakar minyak (BBM) dan juga industri keripik pisang.

"Untuk bisnis BBM di Lamandau sepertinya menjadi salah satu peluang bagus yang bisa kita jalankan ke depan, terlebih jumlah SPBU yang ada saat ini di Lamandau masih sangatlah minim," ungkap Direktur Perusda Bajurung Raya, Hari Kasiyanto, di Nanga Bulik, Jumat (6/1/2017).

Direktur Bajurung Raya yang baru dilantik pada 29 Desember 2016 lalu ini, mengatakan bahwa bisnis BBM dengan pola mendirikan Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU) sejatinya telah menjadi wacana jajaran managemen Perusda Bajurung Raya, sejak lama. Bahakan ide tersebut disebutnya telah menjadi masukan dari Bupati Lamandau kepada Perusda.

"Rencana ini (mendirikan SPBU) sudah ada sejak lama, dan sekarang akan kita tindaklanjuti pengurusan perijinannya. Karena berdasarkan iformasi, sebelumnya pengurusan perijinannya sempat tersendat," sebut Heri.

Selain bisnis BBM, unit usaha lain yang mulai dibidik Perusda adalah membentuk sebuah industri untuk budidaya keripik pisang. Bisnis tersebut dinilainya akan cukup sukses mengingat selama ini Bajurung Raya sendiri menekuni usaha penanaman pisang kepok di lahan seluas kurang lebih 30 hektar dan berada di sekitar ruas jalan Simpang Sepaku-Perigi.

"Saat ini kita (Bajurung Raya) kan punya kebun pisang kepok, tentu jika menggagas industri budidaya keripik pisang tidak akan ada kesulitan bahan baku," ucapnya.

Dirinya menilai, ketika sudah menjadi olahan (kripik), nilai ekonominya diprediksi akan meningkat jika dibandingkan dengan buah pisang yang dijual mentahan secara langsung, termasuk akan kian membantu dalam menyerap tenaga kerja, tandasnya. (HENDIY NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru