Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pejabat Baru Dilantik Jorok, Buang Sampah Seenaknya

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 07 Januari 2017 - 10:24 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya-Pelantikan pejabat struktural lingkup pemerintah provinsi (Pemprov) Kalteng di Istana Isen Mulang diwarnai aksi jorok pejabat yang akan dilantik. Banyak bercecer kotak konsumsi yang seenaknya dibuang oleh para pejabat abdi negara tersebut ketika sudah menjadi sampah alias tinggal kardusnya.

Ceritanya, prosesi pengukuhan dan pelantikan memang dimulai pukul 14.00 WIB. Namun pejabat yang mendapat undangan dilantik sudah mulai berdatangan sekitar pukul 13.00 WIB ke Istana Isen Mulang dengan berombongan maupun yang menggunakan kendaraan pribadi. Pada kesempatan masuk tenda tempat pelantikan, mereka diberikan paket konsumsi. Sayangnya, setelah menikmati konsumsi mereka membuang sekenanya disamping kursi yang mereka duduki.

Hal ini pun mengundang komentar pejabat lainnya yang merasa risih dan tidak sejalan dengan tabiat rekan pejabat lainnya yang kurang memerdulikan kebersihan. Sebab seharusnya sebagai pejabat harus memberikan contoh dan tauladan yang baik bagi masyarakat, mulai dari dirinya sendiri.

'Seharusnya tidak boleh begitu, sadar diri dan mulai disiplin dari diri sendiri. Tidak buang sampah sembarangan adalah bagian dari kepedulian dan kedisiplinan. Saya tidak suka sikap seperti itu,' kata pejabat lain yang melihat dan menyesalkan fenomena tersebut.

Sementara itu, diketahui total yang dilantik mencapai 810 pejabat mulai dari pengawas, administrator, dan Jabatan Tinggi Pratama. Pelantikan pejabat yang dilakukan Jumat (6/1/2017) itu dilakukan guna menyesuaikan Nomenklatur baru sesuai PP nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dan Perda baru Kalteng 2016 tentang hal yang sama. Diharapkan, memulai kinerja di 2017 harus sudah terlantik dengan srruktur sesuai OPD baru. (M ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru