Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indramayu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PAKDE-SAID Tekankan Pentingnya Pembinaan Aparatur Desa

  • 07 Januari 2017 - 13:52 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Saat debat publik calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) periode 2017-2022 paslon nomor urut 1, Bambang Purwanto-Said Syamsuddin Noor (PAKDE-SAID) menekankan pentingnya pembinaan aparatur desa. Debat kandidat Pilkada Kotawaringin Barat 2017, berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kobar, Pangkalan Bun, Sabtu (7/1/2017).

Menurut Bambang Purwanto, besarnya anggaran dari pemerintah pusat dan kabupaten perlu pengelolaan yang baik dan transparan. Sudah menjadi kewajiban Pemkab melakukan pembinaan aparatur desa untuk mengelolanya.

"Pemkab terus berupaya keras melakukan pembinaan terkait pengelola anggaran khususnya tingkat desa," ujar pria yang akrab disapa Pak De itu.

Menurutnya, besarnya dana yang digelontorkan tidak akan optimal jika tidak serius dikelola. Tetapi di balik ini semua ada pesan kuat tentang dana desa, bagaimana seharusnya dikelola agar bermanfaat dan tepat sasaran demi kepentingan rakyat.

"Pemberian dana desa yang semakin meningkat dari pemerintah harus dioptimalkan," sebutnya.

Saat ini, terang Bambang, pemerintah tidak hanya fokus pada aspek perbaikan regulasi semata. Tetapi pemerintah serius ingin memperbaiki kondisi masyarakat di desa-desa dengan terus meningkatkan jumlah dana desa.

"Semua ini dilakukan dengan satu tujuan, segera terciptanya akselerasi pembangunan di tingkat desa sehingga rakyat lebih mudah mencapai kesejahteraan," bebernya.

Ia berharap, kedepan tidak ada lagi dana yang digelontorkan tersebut menjadi sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA). Desa harus diberi perhatian ekstra. Tidak hanya fasilitas, personalia maupun regulasi, tetapi juga anggaran untuk pembangunan desa harus meningkat. (FAHRUDDIN FITRIYA/N).

Berita Terbaru