Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai Ampeng dan Sungai Garong Diduga Tercemar Aktivitas Tambang PT Bumi Barito

  • Oleh Amar Iswani
  • 08 Januari 2017 - 10:05 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang- Pejabat (Pj) Kepala Desa Dorong, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur, Drs Ucerman MM, menyatakan, dua anak sungai Barito, yakni Sungai Ampeng dan Sungai Garong yang ada di wilayahnya diduga tercemar limbang pertambangan batubara milik PT Bumi Barito.

"Terlihat air sungai berwarna hitam pekat dan nampak tenang. Dan kebetulan kedua anak sungai itu berada di belakang aktivitas pertambangan PT Bumi Barito, " ucap Ucerman, Kamis (5/1/2017) malam lalu ketika mediasi antara masyarakat setempat dengan manajemen PT Bumi Barito.

Dengan kondisi air yang seperti itu saat ini masyarakat banyak yang tidak berani mengonsumsi air tersebut. Padahal kedua sungai tersebut sebelumnya merupakan jadi kebutuhan pokok dalam mendapatkan kebutuhan dasar, seperti untuk air minum, memasak, dan mencuci dan kebutuhan lain.

Dengan kondisi seperti itu pihak telah melaporkan ke Badan Lingkungan Hidup (BLH) Barito Timur. "Namun sampai sekarang penanganannya seperti apa terkait masalah tersebut masih belum diketahuinya," pungkas Ucerman. (AMAR ISWANI/B-5)

Berita Terbaru