Software Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Timur Potensial Kembangkan Agrobisnis dan Hortikultura

  • Oleh M. Rifqi
  • 08 Januari 2017 - 13:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terus berupaya menggenjot sektor pertanian khususnya agrobisnis dan holtikurtura, melalui bantuan baik yang berasal dari pemerintah kabupaten, provinsi, maupun pusat juga terus digulirkan.

Menurut anggota Komisi II DPRD Kotim Otjim Supriatna, salah satu fokus Pemkab Kotim sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021, adalah peningkatan sektor pertanian. Bidang ini menjadi pilihan karena sekitar 30% masyarakat menggantungkan penghidupannya pada sektor ini.

"Karena itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum, maka pendapatan di sektor pertanian harus ditingkatkan," kata dia, Minggu (8/1/2017).

Selain pertanian pemkab juga perlu membidik agro bisnis. Ketika hal ini ingin dikembangkan, paradigma atau konsep pertanian yang selama ini digeluti masyarakat harus diubah, dari tradisional ke modern.

"Petani perlu diarahkan sebagai agro-enterpreneurship dalam kelompok tani melalui pemberdayaan. Petani jangan lagi berpikir sebagai petani yang hanya menanam padi. Petani harus diarahkan menjadi pengusaha pertanian," jelas dia.

Menurut Otjim pengembangan hortikultura dan agro bisnis sangat cocok dilakukan di Kotim. Sebab, sumber air dan lahan di daerah ini masih banyak dan melimpah. Hanya saja masih sedikit petani yang menyadari manfaat secara ekonomi mengembangkan hortikultura.

"Petani kita lebih tertarik menanam padi ketimbangan pengembangan sayur-sayuran, buah-buahan, tanaman hias, dan obat-obatan. Tanaman seperti itu masih dianggap rumit dan pasarnya tidak pasti," ucap dia.

Karena itu, peran instansi terkait melalui penyuluh pertanian mengubah cara pendang petani. Sehingga petani memiliki pengetahuan ytentang pengembangan agro bisnis dan hortikultura dan mampu menjadi pengusaha di bidang pertanian. (M.RIFQI/B-5)

Berita Terbaru