Jumat, 24 November 2017
 

 

Petani Keramba Kesulitan Bibit Ikan Baung

 
 
Tebar benih. (BORNEONEWS/KOKO SULISTYO)

Tebar benih. (BORNEONEWS/KOKO SULISTYO)

Borneonews / Koko Sulistyo

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Petani keramba di Bantaran Sungai Arut, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kesulitan mendapatkan bibit ikan endemik seperti ikan baung. Pasalnya, jenis ikan tersebut belum tersedia di Nalai Benih Ikan (BBI).

Untuk menyiasatinya, petani keramba harus berburu bibit ikan ini dari warga bantaran atau mencari sendiri (menangguk). "Kalau tidak menangguk kami mencari dari warga yang mancing atau dapat menjala (menjaring)," kata Yadi, petani keramba ikan Baung di Kelurahan Raja Seberang, Minggu (8/1/2017).

Pada saat musim berkembang biak pada bulan ke 10 dan 11 anakan ikan baung yang baru memijah banyak berada di pinggir sungai Arut. Bahkan jumlahnya sangat banyak.

Menurut Yadi, jenis ikan baung ini sebagai alternatif pengganti budidaya ikan Nila dan Bawal. Untuk itu, ia berharap agar BBI mencoba melakukan pemijahan terhadap ikan endemik Kalimantan ini. "Mungkin bisa dicoba oleh BBI untuk memijahkan ikan Baung, agar kami tidak kesulitan mendapatkan bibit," timpal Agus. (KOKO SULISTYO/B-2)

BERITA POPULER

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top