Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sabu Raijua Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Dorong Pemkab Kotim Percepat Penyaluran Dana Desa

  • Oleh M. Rifqi
  • 09 Januari 2017 - 11:48 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo mengatakan legislatif mendorong agar Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) melakukan percepatan penyaluran Dana Desa tahun ini. Dengan begitu, diharapkan pihak desa bisa menggunakannya sebaik mungkin.

'Selama ini penyaluran Dana Desa ada desa yang telat mendapatkannya. Makanya kita dorong agar pada tahun ini tidak ada lagi desa yang terlambat menerima, sehingga penyerapannya pun bisa cepat,' kata Handoyo J Wibobo, di Sampit, Senin (9/1/2017).

Menurut politisi Partai Demokrat itu, penyaluran Dana Desa yang lambat, antara lain bisa disebabkan karena faktor terlambatnya dibuat peraturan bupati. Selain itu ada juga yang lambat karena dan adari pemerintah pusat telat dicairkan. 'Kami harapkan agar desa yang sudah memenuhi syarat pencairan, segera direalisasikan dan tidak menunggu desa lain yang belum memenuhi syarat.'

Lebih lanjut Handoyo juga meminta instansi terkait bisa memberikan data realisasi dana desa 2016 dan rencana dana desa 2017 kepada DPRD. Hal ini guna mensinergikan fungsi pengawasan di lembaga legislatif.

'Dana desa juga ada sharing dari APBD kabupaten, sehingga dalam penggunaannya kami di DPRD juga memiliki kewajiban melakukan pengawasan. Sebab, dana desa itu sangat strategis. Karenanya, butuh perhatian dari pemerintah daerah dan DPRD, sehingga pelaksanaan dana desa semakin baik,' kata dia. (M. RIFQI/N).

Berita Terbaru