Wonderful Indonesia
 
Selasa, 24 Januari 2017
 

 
Wonderful Indonesia
 

Harga Minyak Sawit

Ini Faktor Penggerak Harga Minyak Sawit

 
 
ISTIMEWA

ISTIMEWA

BorneoNews

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kondisi pasar komoditas yang bervariasi pada perdagangan Senin (9/1/2017), diperkirakan akan mempengaruhi pergerakan harga minyak sawit pada Selasa (10/1/2017).

Ada beberapa faktor fundamental yang dapat menjadi acuan para pelaku pasar dalam bertransaksi hari ini di bursa komoditi global, termasuk minyak sawit di bursa komoditi Malaysia.

Faktor pertama yang akan mempengaruhi pasar minyak sawit hari ini adalah pergerakan positif komoditas andalan Malaysia dan Indonesia itu kemarin. Futures minyak sawit ditutup menguat lebih dari 1 persen, Senin, di tengah ekspektasi ekspor sawit Malaysia akan meningkat sementara produksi tetap rendah.

Selain itu, faktor berikutnya adalah menguatnya futures biji kedelai AS, Senin, sebesar 1 persen menyusul kekhawatiran atas cuaca hujan di sebagian wilayah Argentina akan mengganggu produksi kedelai di negara pengekspor minyak kedelai terbesar ketiga dunia itu, kata pelaku pasar yang dilansir Reuters.

Faktor terakhir adalah jatuhnya harga minyak mentah dunia sebesar 4 persen. Peningkatan aktivitas pengeboran di AS mengindikasikan kenaikan produksi minyak negeri itu, yang direspons negatif para pelaku pasar.

“Kekhawatiran terhadap dampak kenaikan produksi minyak AS sepertinya sulit membuat harga minyak naik dengan cepat, bahkan meski keseimbangan pasokan dan permintaan global diperketat," kata Robbie Fraser, analis di Schneider Electric, seperti dilansir MarketWatch

Minyak mentah West Texas Intermediate untuk kontrak Februari turun $2,03, atau 3,8%, menjadi $51,96 per barrel di New York Mercantile Exchange.

Sedangkan minyak mentah Brent untuk kontrak Maret di ICE Futures exchange, London, merosot $2,16, atau 3,8%, menjadi $54,94 per barrel, yang merupakan level penutupan terendah dalam dua setengah pekan terakhir. (NEDELYA RAMADHANI/m)

 

BERITA POPULER

 
INDEKS HJ. NURHIDAYAH

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA

PRAKIRAAN CUACA

Sumber : BMKG

To Top