Wonderful Indonesia
 
Selasa, 24 Januari 2017
 

 
Wonderful Indonesia
 

Minyak Sawit

Minyak Sawit Hadapi Sentimen Pasar Bervariasi

 
 
UNIFORCE

UNIFORCE

BorneoNews

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pasar komoditas global pada perdagangan Selasa (10/1/2017) bergerak bervariasi, yang diperkirakan akan memberikan sentimen beragam pada perdagangan minyak sawit dan minyak nabati, Rabu (11/1/2017).

Terdapat beberapa faktor yang akan menjadi acuan bagi pelaku pasar untuk bertransaksi di pasar komoditas hari ini, terutama dalam perdagangan minyak sawit dan nabati.

Seperti dilansir Reuters, Futures minyak sawit untuk kontrak Maret, 1FCPOc3, di Bursa Malaysia Derivatives Exchange turun 0,96 persen menjadi 3.082 ringgit ($689) per ton pada penutupan perdagangan Selasa. Volume perdagangan tercatat sebanyak 65.275 lot.

Pelemahan harga minyak sawit hampir sebesar 1 persen itu menyusul data yang menyebutkan estimasi stok sawit Malaysia pada Desember lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya.

Faktor kedua yang juga bakal menjadi pertimbangan pelaku pasar adalah situasi di Chicago Board of Trade. Di CBOT, futures minyak kedelai menguat kemarin, bangkit dari pelemahan pada sesi sebelumnya berkat technical buying di tengah kekhawatiran pasar terhadap cuaca di kawasan Amerika Selatan, yang menjadi sentra tanaman kedelai.

Kemudian, faktor lain yang tak kalah penting adalah kondisi perdagangan minyak mentah dunia. Di New York Mercantile Exchange, minyak mentah West Texas Intermediate untuk kontrak Februari merosot $1,14, atau 2,2%, menjadi $50,82 per barrel. Sedangkan minyak mentah Brent untuk kontrak Maret di ICE Futures exchange, anjlok $1,30, atau 2,4%, menjadi $53,64 per barrel.

Kedua harga kontrak minyak mentah acuan itu sama-sama ditutup di level terendah sejak 7 Desember 2016, menurut data FactSet. Kejatuhan harga minyak ini dipicu oleh kekhawatiran terhadap kenaikan produksi minyak AS dan keraguan atas komitmen produsen minyak dunia untuk memangkas produksi sesuai kesepakatan. (NEDELYA RAMADHANI/m)

 

BERITA POPULER

 
INDEKS HJ. NURHIDAYAH

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA

PRAKIRAAN CUACA

Sumber : BMKG

To Top