Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gepak Sarankan Perumahan DPRD Barsel Dialihfungsikan Jadi Hotel

  • Oleh H Laily Mansyur
  • 11 Januari 2017 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Anti Korupsi (Gepak) Barito Selatan, Deni Liwan menyarankan rumah dinas anggota DPRD Barsel dialihfungsikan menjadi faviliun, rumah singgah, atau resort yang bisa disewakan. Dengan demikian 25 rumah mewah di Desa Sababilah, Kecamatan Dusun Selatan, yang tak kunjung ditempati itu, bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Jika anggota Dewan tak mau menggunakan perumahan yang berada di luar Kota Buntok itu, alangkah baiknya permasalahan ini segera diselesaikan. Deni meminta para wakil rakyat itu mencari solusinya melalui rapat, agar jangan sampai menjadi polemik bekepanjangan baik di tengah masyarakat maupun di kalangan pemerintah.

'Maksud saya, dari pada perumahan dewan itu menjadi bangunan yang mubazir, lebih baik dijadikan paviliun atau rumah singgah sebagaimana layaknya sebuah perhotelan,' ujar Deni kepada PPost di Buntok, Rabu (11/1/2017) .

Menurut Deni, jika pihak dewan tidak mampu mengelolanya, bisa saja dilimpahkan kepada pihak ketiga yang akan mengelolanya untuk dijadikan hotel milik pemerintah. Dengan demikian ulas Deni, dari hasilnya, tentu bisa menjadi tambahan PAD Barsel. 'Apalagi jika di area itu dibangun lagi fasilitas hiburan untuk keluarga, sudah pasti akan menambah minat pengunjung terutama para wisatawan lokal yang datang ke daerah kita.' 

Perumahan dinas DPRD Barsel itu, hingga saat ini belum ada kepastian kapan ditempati, sehingga terkesan mubazir. Padahal, tidak sedikit uang negara yang dikeluarkan untuk mendirikan bangunan tersebut, termasuk biaya pemeliharaannya setiap tahun yang dianggarkan pada APBD Barsel.

Salah satu anggota DPRD Barsel H Abdul Gani ketika dikonfirmasi terkait hal ini, tidak mau memberikan komentar. 'Sepertinya untuk menjawab pertanyaan terkait permasalahan ini, bukan ranah saya.' (H. Laily Mansyur/PPost/N).

Berita Terbaru