Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Sekolah dan Guru Resah Dana BOS Terlambat Disalurkan

  • Oleh Ramadani
  • 11 Januari 2017 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Sejumlah kepala sekolah dan guru tingkat SD dan SMP atau sederajat di Kabupaten Barito Utara mengeluhkan pembayaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan IV 2016 yang bersumber dari pemerintah pusat.

Pasalnya, dana BOS yang disalurkan tidak sesuai dengan nilai seharusnya. Hal ini menyulitkan pihak sekolah, terlebih untuk kegiatan triwulan IV 2016 yang sudah dilaksakan.

Saat dimintai konfirmasi mengenai hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Masdulhaq, mengakui adanya keterlambatan penyaluran dana BOS ke sekolah tingkat SD dan SMP atau sederajat.

Meski demikian, ia berharap sekolah di Barito Utara tetap melaksanakaan kegiatanya seperti biasa. Sebab, meski terlambat, dana BOS dari pemerintah pusat tetap akan dibayarkan penuh. Kepastian itu berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng.

Menurut dia, kekurangan pembayaran dana BOS tidak hanya terjadi di Kabupaten Barito Utara, tetapi juga daerah-daerah lain di Kalteng.

'Jadi kepada sekolah-sekolah di Barito Utara jangan khawatir, sebab dari hasil koordinas dengan Dinas Pendidikan Provinsi dana BOS tidak dipotong. Kekurangan pada triwulan IV 2016 tetap dibayar penuh di triwulan I tahun 2017,' kata Masdulhaq, Rabu (11/1/2017).

Disampaikannya pula bahwa sehubung dengan keterlambatan pembayaran dana BOS, pihaknya telah mengirim utusan ke Kota Palangka Raya untuk meminta surat resmi dari Dinas Pendidikan Provinsi, bahwa sisa kekurangan pembayaran triwulan IV 2016 akan dibayar pada triwulan I 2017.

'Kabid Bidang Pendidikan SD dan SLTP telah berangkat ke Kota Palangka Raya untuk meminta surat resmi dari Dinas Pendidikan Provinsi. Nantinya surat resmi ini akan diteruskan ke sekolah'sekolah,' pungkasnya.(RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru