Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hanya Ada Tiga Pasang Duyung di Perairan Kobar

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 12 Januari 2017 - 12:38 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Hanya ada tiga pasang ikan Duyung di perairan Kotawaringin Barat (Kobar). Mereka ada di pesisir Kumai, tepatnya di laut Senggora, Sepagar dan Gosong Beras Basah di Desa Teluk Bogam.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Budidaya Perikanan, Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Barat, Happy Kamis, saat ini populasi duyung di perairan Kobar hanya tiga pasang, artinya jumlah tersebut kurang dari 10 ekor. "Populasinya tiga pasang apabila ada bayinya kurang dari sepuluh ekor," kata Happy, Kamis (12/1/2017).

Ia menjelaskan, duyung hidup di habitatnya yang terbatas di lamun jenis tertentu. Lamun kesukaan duyung yaitu lamun yang mempunyai daun bulat kecil (Halophila).

Hal itu diketahui dari jejak bekas makan duyung. "Terakhir Duyung terlihat di Beras Basah pada November 2016," ungkap Happy.

Populasi Duyung sangat sedikit, karena angka lahir ikan yang dapat bertahan hidup hingga 70 tahun ini cukup lama. Yakni, berkisar antara 3 sampai 7 tahun. Duyung biasanya menampakkan diri saat musim pancaroba, ketika air sedang pasang dan malam hari. (KOKO SULISTYO/B-2)

Berita Terbaru