Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Katingan: Buang Air Besar di Sungai Sebabkan Penyakit Menular

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 Januari 2017 - 12:58 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kebiasaan warga Kabupaten Katingan buang air besar di sungai bakal menyebabkan munculnya berbagai penyakit, terutama penyakit menular. Terutama diare.

"Buang air besar di sungai itu akan menimbulkan penyakit menular, terutama diare," kata Kepala Dinas Kesehatan Katingan, dr Robertus Pamurianto kepada Borneonews, di Kasongan, Kamis (12/1/2017).

Menurutnya, penyebab diare salah satunya adalah akibat dari infeksi virus. Penyakit diare, katanya terjadi jika seseorang buang air besar dalam sehari hingga beberapa kali. "Misalnya bisa sampai 10 kali buang air besar disertai cairan atau lendir, dan keadaan demikian ini bisa disebut diare."

Menurutnya diare biasanya dimulai secara mendadak dan disertai mulas kejang-kejang di perut dengan ada kalanya timbul perasaan mual. Pada situasi gawat, misalnya bila buang air 10 kali atu lebih dalam sehari ataupun bila tinja mengandung lendir dan demam tinggi, yang bersangkutan segera dibawa berobat ke pustu, puskesmas atau rumah sakit.

Menurut Robertus, penyakit diare ini juga berbahaya jika tidak segera ditangani, karena yang bersangkutan akan kekurangan cairan. Karena itu, ia mengimbau warga tidak mengkonsumsi air sungai, terutama Sungai Katingan, sebab di sungai ini masih banyak ditemui jamban sebagai tempat buang air besar. (ABDUL GOFUR/N).


TAGS:

Berita Terbaru