Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Empat Sektor Penyumbang Terbesar PAD Sukamara 2016

  • Oleh Norhasanah
  • 12 Januari 2017 - 16:42 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Empat sektor pajak dan retribusi menjadi penyumbang terbesar bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sukamara 2016. Yakni dari sektor layanan kesehatan RSUD Sukamara, sektor pajak penerangan jalan umum (PJU) dan pajak galian C atau pajak mineral bukan logam, batuan (golongan C) dan pajak rumah makan atau restoran. Setiap instansi pemerintahan di Kabupaten Sukamara memberikan sumbangan pemasukan bagi PAD melalui pengelolaan sektor.

'Seperti sektor layanan kesehatan yang dikelola oleh RSUD Sukamara pada tahun 2016 mampu memberikan pemasukan atau penerimaan daerah sebesar Rp9,1 miliar lebih atau mampu melampaui taget yang ditetapkan yakni Rp8,8 miliar,' kata Kabid Penetapan dan pemungutan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Sukamara, Sumarno, Kamis (12/1/2017).

Sektor lainnya dari pajak restoran dan rumah makan menjadi penyumbang cukup besar bagi pemasukan kas daerah yakni pada tahun 2016 lalu terealisasi sebesar Rp1,1 miliar lebih atau mencapai 111 persen dari target sebesar Rp987 Juta.

Selain itu ada sektor pajak galian C atau pajak mineral bukan logam dan batuan (golongan C) juga menjadi penerimaan daerah Kabupaten Sukamara ditahun 2016 lalu yakni terealisasi sebesar Rp 1,1 Miliar lebih dari target yang ditetapkan sebesar Rp778 Juta atau mencapai 149 persen.

'Satu lagi yang menjadi sumber penerimaan daerah adalah dari sektor pajak penerangan jalan umum (PJU) memberikan masukan sebesar Rp1,5 miliar lebih atau 105 persen dari target yang ditetapkan yakni sebesar Rp1,4 miliar,' ujar Sumarno. (Norhasanah/N).

Berita Terbaru