Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Duyung Menjadi Aset Destinasi Pariwisata

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 12 Januari 2017 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Keberadaan ikan duyung (Dugong) di perairan Kabupaten Kotawaringin Barat dapat menjadi destinasi pariwisata unggulan.

Dengan menjadikan kawasan konservasi sebagai obyek wisata yang melibatkan masyarakat sekitar secara partisipatif maka keberadaan ikan duyung akan semakin terjaga.

"Kita sudah sepakat menjadikan kawasan Desa Pesisir Terpadu Bogam Raya sebagai destinasi wisata dugong," kata Kepala Bidang Budidaya Perikanan Dinas Perikanan (DP), Kabupaten Kotawaringin Barat, Happy Kamis, Kamis (12/1/2017).

Seperti diketahui bahwa ikan duyung (dugong) adalah merupakan mamalia laut yang dilindungi, jumlahnya di perairan Kobar hingga saat ini tidak lebih dari sepuluh ekor. Ikan duyung bisa hidup hingga 70 tahun dengan panjang dapat mencapai tiga meter serta bobot badannya mencapai 400 kilogram.

Sebarannya di perairan Kobar terdapat di Senggora, Sepagar serta gosong Beras Basah, Desa Teluk Bogam, Kecamatan Kumai. Penampakan ikan duyung ini juga pada waktu tertentu yakni saat musim pacarnya dan ketika air sedang pasang dan di malam hari. (KOKO SULISTYO/B-8)

Berita Terbaru