Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Mataram Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hasil Tes DNA Korban Terpanggang Diketahui Paling Cepat Sepekan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 12 Januari 2017 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hasil tes DNA untuk mengungkap identitas korban tewas terpanggang pada musibah kebakaran di Jalan Tjilik Riwut, Km 4, Palangka Raya, paling cepat diketahui sepekan kedepan.

Hal ini disampaikan Kepala Instalasi Kedokteran Forensik dan Medikolegal RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya, dokter Ricka Brillianty, Kamis (12/1/2017). "Kemungkinan sekitar satu sampai dua minggu, hasilnya (tes DNA) baru bisa diketahui," ucapnya.

Ia menuturkan, tes DNA dilakukan di Labfor DNA Mabes Polri. Sample yang dikirim sesuai arahan labfor adalah otot pada paha bagian dalam korban dan otot pinggang. Sedangkan pembanding dalam tes DNA diambil dari dua anak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan Hartoni.

"Dari anaknya kita ambil sample darah dan mukosa atau lendir di pipi bagian dalam. Kita tidak berani memastikan siapa itu korban sebelum ada hasil dari tes DNA," ungkapnya.

Dokter Ricka melanjutkan, sample tersebut segera dikirim ke Mabes Polri. "Kapan hasilnya bisa diketahui, itu tergantung dari deretan yang masuk nomor berapa. Karena itu kan se-Indonesia. Tapi mudah-mudahan bisa cepat keluar. Paling sekitar satu sampai dua minggu," ucapnya.

Di sisi lain, dokter Ricka memastikan bahwa tubuh orang yang terpanggang hangus 100%. Bahkan sudah mirip dengan arang. Karena kepentingan tes DNA, mayat tersebut akan dimasukan pada mesin pendingin jenazah.

"Kita masukan ke pendingin jenazah sampai nanti statemen dari Labfor DNA Mabes Polri keluar," tuntasnya. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru