Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Bupati Kobar Janji Perhatikan Nasib Guru Honor

  • 12 Januari 2017 - 20:08 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pejabat Bupati (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurul Edy berjanji akan memperhatikan nasib guru honor. Ia berkomitmen mencarikan solusi terbaik bagi para guru honor yang ada di Bumi Marunting Batu Aji.

Kenyataannya, saat ini gaji guru honor di Kabupaten Kobar hanya Rp400 ribu perbulan. Nilai itu jauh di bawah upah minimum kabupaten (UMK) Kobar 2016 yang mencapai Rp2.204.120 dan akan dinaikan menjadi Rp2.391.470 di tahun 2017.

"Jangankan dengan pendapatan guru berstatus ASN yang sudah sertifikasi, dengan UMK Kobar saja masih jauh di bawahnya," cetus salah satu guru honor di Kabupaten Kobar yang enggan disebut namanya, saat ditemui Borneonews, Kamis (12/1/2017).

Padahal, tugas guru honor sama seperti halnya guru berstatus ASN. Penderitaan guru honor semakin lengkap ketika gaji tersebut diterima setiap tiga bulan sekali. "Sudah kecil, penggajiannya juga sering telat," imbuhnya.

Menanggapi hal ini, Pj Bupati Kobar Nurul Edy mengatakan, gaji guru honorer yang masih minim ini memang harus dicarikan solusi. "Kita akan carikan solusinya. Namun hal ini juga harus dibahas bersama dengan pihak terkait," kata Nurul Edy.

Meski Nurul Edy juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, Ia mengaku tidak bisa serta merta memberikan solusi dalam waktu dekat ini. Dia menyadari ada ketimpangan gaji guru ASN dan guru honor.

"Untuk mencarikan solusi tidak bisa cepat. Harus dilihat dari segi kemampuan anggaran setiap daerah," ucapnya.

Nurul Edy berharap seluruh guru Honor di Kabupaten Kobar dan seluruh Kalteng tetap sabar sembari pihaknya mencarikan solusi terbaik bagi mereka. "Kita akan segera melakukan pembahasan dan mencari bagaimana mekanisme yang paling tepat," tandasnya.(FAHRUDDIN FITRIYA/B-8)

Berita Terbaru