Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Usulan Masyarakat Tetap Menjadi Pertimbangan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 13 Januari 2017 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra mengatakan usulan program dari masyarakat melalui Musrenbang tetap menjadi pertimbangan untuk diakomodasi.

Meski begitu ada anggapan hasil usulan pada musrenbang tidak menjamin realisasinya terakomodasi. "Kita akan ikut mengawal setiap usulan yang ada agar tidak keluar dari visi misi pemkot. Jadi kalau ada yang tidak terakomodasi, bukan karena kita sengaja, tapi kita harus tetap berpatokan kepada visi misi pemkot," jelasnya, Jumat (13/1/2017).

Dia menjelaskan Musrenbang merupakan implementasi dari UU No 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Disebutkan jika berbagai program dan kegiatan yang disepakati akan diakomodasi dalam dokumen RPJMD Kota Palangka Raya.

"Perlu diingat skala prioritas usulan musrenbang dapat dilakukan dengan musyawarah, sehingga hasilnya bukan disebabkan faktor atau sebab akibat tertentu. Tidak bisa ini diakomodasi karena keinginan prioritas pak lurah atau ini keinginan prioritas pak camat atau ini keinginan prioritas walikota dan ini prioritas usulan anggota dewan serta lain-lain. Namun semuanya harus melalui mekanisme mufakat yang merupakan bentuk dari skala prioritas itu," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru